Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTEK PENJUALAN PRODUK IMITASI JENIS FASHION DI PASAR SANDANG PANGAN KOTA SELATPANJANG MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Rika Apriyanti (2013) PRAKTEK PENJUALAN PRODUK IMITASI JENIS FASHION DI PASAR SANDANG PANGAN KOTA SELATPANJANG MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013340EI.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, Praktek Penjualan Produk Imitasi Jenis Fashion di Pasar Sandang Pangan Kota Selatpanjang Menurut Tinjauan Ekonomi Islam. Penelitian ini bersifat penelitian (Field Research) di Pasar Sandang Pangan Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui bagaimana praktek penjualan produk imitasi jenis fashion di pasar Sandang Pangan kota Selatpanjang menurut tinjauan ekonomi Islam. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana praktek penjualan produk imitasi jenis fashion di pasar Sandang Pangan kota Selatpanjang, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap praktek penjualan produk imitasi jenis fashion. Penelitian ini bertujuan untuk melihat praktek penjualan produk imitasi jenis fashion menurut tinjauan ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah Penjual produk imitasi jenis fashion di Pasar Sandang pangan yang berjumlah 18 orang dari populasi tersebut diambil sampel secara keseluruhan. Teknik pengambilan sampel untuk penjual produk imitasi tersebut menggunakan teknik total sampling. Kemudian untuk mendapatkan data yang valid tentang Praktek Penjualan Produk Imitasi disebarkan angket kepada konsumen yang pernah membeli produk imitasi tersebut sebanyak 30 orang dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penulis mendapatkan data di lapangan dengan menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Angket, yang kemudian penulis analisa dengan menggunakan analisa Deskriptif Kualitatif, yaitu, data – data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket kemudian diklasifikasikan menurut jenis dan sifat, kemudian diuraikan secara deskriptif yaitu menganalisis data yang bersifat penjelasan atau penguraian data dan informasi yang kemudian dikaitkan dengan teori dan konsep – konsep yang mendukung pembahasan yang relevan dimana penjelasan ini menggunakan metode kualitatif kemudian diperoleh kesimpulan dari permasalahan penelitian. Dari penelitian ini dihasilkan suatu kesimpulan tentang Praktek Penjualan Produk Imitasi Jenis Fashion di Pasar Sandang Pangan Kota Selatpanjang Menurut Tinjauan Ekonomi Islam. Setelah mengadakan penelitian dengan mengumpulkan dan menganalisa data penulis dapat menyimpulkan bahwa bahwa Tinjauan secara ekonomi Islam dapat disimpulkan bahwa praktek penjualan produk imitasi jenis fashion di Pasar Sandang Pangan masih perlu dibenahi karena tidak sesuai dengan ekonomi Islam. Masyarakat yang bekerja sebagai penjual produk imitasi jenis fashion di pasar Sandang Pangan dalam melaksanakan tugasnya masih banyak sekali kekurangankekurangan seperti ada sebagian dari mereka yang tidak mau menjelaskan mengenai produk yang mereka jual sehingga banyak konsumen yang merasa dirugikan, masih adanya para pedagang yang tidak menerima komplain dari pembeli padahal sudah jelas barang yang mereka jual terdapat kekurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 13:39
Last Modified: 19 Dec 2016 13:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item