SISTEM PELAYANAN HOTEL YANG BERBASIS SYARI’AH DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS HOTEL AZIZA PEKANBARU)

Maulana, (2013) SISTEM PELAYANAN HOTEL YANG BERBASIS SYARI’AH DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS HOTEL AZIZA PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013338EI.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Sistem Pelayanan Hotel Yang Berbasis Syariah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam (Study Kasus Hotel Aziza Pekanbaru)”.Penelitian ini bersifat penelitian (Field Research) di Hotel Aziza Pekanbaru, jalan Tuanku Tambusai No.9 Komp.Lancang Kuning Square, Pekanbaru, Riau. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah, bahwa semakin banyaknya lembaga keuangan dan badan usaha yang berbasis syariah akhir-akhir ini, begitu juga dengan bisnis perhotelan. Sudah banyak berdiri hotel yang berbasis syariah, Hotel Aziza Pekanbaru adalah salah satu hotel yang pelayanannya menurut prinsip syariah. Namun lambang syariah yang dibuat di hotel yang berbasis syariah ini belum tentu sepenuhnya memakai prinsip syariah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, Bagaimana sistem pelayanan hotel Aziza Pekanbaru sebagai hotel yang berbasis syariah, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap sistem pelayanan hotel Aziza Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan hotel Aziza Pekanbaru sebagai hotel yang berbasis syariah menurut tinjauan Ekonomi Islam Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan hotel Aziza Pekanbaru yang berjumlah 63 orang ditambah dengan 1466 orang pengunjung hotel (tamu hotel bulan Februari-Maret 2013). Sedangkan sebagai sampelnya penulis mengambil sebanyak 20% atau 13 orang karyawan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan 146 orang atau 10% pengunjung dengan menggunakan random sampling. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara, angket secara langsung dengan pimpinan, karyawan dan pengunjung hotel Aziza Pekanbaru, di tambah dengan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Analisa yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini, pihak hotel Aziza Pekanbaru telah meningkatkan mutu pelayanan dan memebrikan yang terbaik setiap pengunjung hotel agar tercipta kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti, 123 orang atau 84 % responden dari angket yang disebarkan menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel Aziza Pekanbaru sudah memuaskan. Pihak hotel telah memberikan pelayanan yang sama kepada semua tamu yang berkunjung dengan tidak membeda-bedakan antara suku, agama, maupun golongan. Hal ini terbukti, tidak ada satu orangpun responden yang menyatakan bahwa pihak hotel Aziza Pekanbaru membeda-bedakan pelayanan terhadap setiap tamunya yang ingin memakai fasilitas hotel. dan 104 orang atau 71 % responden dari angket yang disebarkan menyatakan nyaman ketika berkunjung atau menginap di hotel Aziza Pekanbaru. ii Adapun tinjauan Ekonomi Islam terhadap pelayanan yang dilakukan oleh pihak hotel Aziza Pekanbaru yang berbasis syariah sudah sesuai dengan syariat Islam karena dalam pelayanan yang diberikan hotel Aziza Pekanbaru memakai prinsip musawah yaitu dengan tidak membeda-bedakan tamu hotel untuk memberikan pelayanan, ukhuwah yaitu pihak hotel menganggap dan melayani semua tamu yang berkunjung seperti saudara sendiri, muhabbah yaitu pihak hotel dalam memberikan pelayanan kepada tamu penuh dengan rasa kasih sayang, dan ta’awun yaitu dengan memberikan pelayanan semaksimal mungkin dan menyediakan fasilitas yang bagus kepada para tamu hot

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 13:36
Last Modified: 19 Dec 2016 13:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10004

Actions (login required)

View Item View Item