MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DI SDN 021 SAWAH AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR UTARA

Isnaryanti, (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DI SDN 021 SAWAH AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011212.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan di SDN 021 Sawah Airtiris Kecamatan Kampar Utara ditemuai beberapa gejala-gejala dalam proses pembelajaran seperti : Tidak adanya kereatifitas siswa dalam belajar misalnya memberikan pendapat atau sanggahan yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Siswa cendrung lebih banyak diam dalam mengikkuti pelajaran. Sebagian besar siswa atau 70% dari jumlah siswa 30 orang dikelas kurang berpartisipasi aktif dalm pembelajaran, hal ini terlihat dari kurangnya siswa mengajukan pertanyaan atau pendapat pada gurunya. Untuk mengatasi masalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Maka diterapkan Strategi pembelajaran Card Sort dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Strategi pembelajaran Card Sort Dapat Meningkatkan Aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III SDN 021 Sawah Airtiris Kecamatan Kampar Utara? Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Hal ini dimaksudkan agar penelitian berhasil secara optimal. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa.Hal ini terbukti dari tiga siklus yang dilakukan dalam penelitian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebelum dilakukan tindakan perbaikan aktivitas belajar siswa secara klasikal diperoleh rata-rata 48,5% berada pada interval 40% - 55% dengan kategori kurang baik. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 63,6% berada pada interval 56% - 75% dengan kategori cukup baik. Selain itu peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan rata-rata klasikal aktivitas belajar siswa 71,0% berada pada interval 56% - 75% dengan kategori cukup baik akan tetapi belum mencapai indikator kaberhasilan dalam penelitian, oleh sebab itu, dilakukan tindakan pada siklus III. Setelah dilakukan tindakan pada siklus III ternyata aktivitas belajar kembali meningkat dengan rata-rata klasikal 78,7% berada pada interval 76% - 100% dengan kategori baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Strategi pembelajaran Card Sort dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN 021 Sawah Airtiris Kecamatan Kampar Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:28
Last Modified: 22 Dec 2015 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item